Friday, December 28, 2012

Jajanan U.S.A (Urang Sunda Asli)

Mungkin salah satu sebab Bandung disebut Paris Van Java adalah.. Gedung Sate yang rada mirip ama Eiffel kalo diliat pake sedotan bubble drink, orang-orangnya yang ke warung aja fashionable, ditambah makanannya enak-enak semua! (Okay ini ngarang abis, haha maafkeun.. hampura.. ) Bandung memang gudangnya makanan dan jajanan enak. Mungkin juga faktor cuaca yang dingin jadi bawaannya kan lapeeer terus (eh ini gue doang kali ya hihi).

Buat aku pribadi, kalo pulang ke Bandung itu saatnya nostalgia jajanan-jajanan yang dulu sering aku makan, atau yang jarang aku makan di Jakarta. Terus mudik ke Bandung kali ini tadinya sih mau cobain cafe-cafe baru yang kece-kece macem Lumber Jack, Hartwood, Karnivor dan lain-lain.. tapi apa daya punya suami yang lebih suka diajak makan jajanan pinggir jalan dan yang masakan tradisional gitu, jadilah pulang kali ini wisata kulinernya judulnya makanan USA, Urang Sunda Asli.

Karena rumah aku di Buah Batu jadi jarang-jarang ke daerah atas. Tapi karena suami rasanya kalo ke Bandung gak ke Rumah Mode rasanya gak afdol, jadilah kita ke Rumod di Setiabudi :D Abis itu kita makan di...

Bakmi Apin (Rainbow Factory Outlet)

Dulu karena kantor aku di daerah gegerkalong jadi kalo lunch suka makan disini. Lokasinya kalo dari atas sebelum PVJ persis sebelah taman. Tepatnya di FO Rainbow, sebelahan ama Vinoti Living. Yaminnya enak! kalo asa kejauhan ke Wale (warung lela) makan yamin disini jg udah puas. Siomay nya juga enak deh. Disini juga dijual berbagai macam kripik dan makanan ringan. Minumannya yang faforit adalah juice strawberry dan iced cappucino. Entah kenapa deh aku suka banget iced cappucino disini (bagi lidah aku yang lebih suka Bengawan solo coffee dibanding Starbucks ya) Aku kalo bingung mau minum yang mana, akhirnya pesen dua-duanya aja haha *rakus*




 Juice Strawberry & Iced Cappucino-nya juara!




 Berbagai macam keripik dari mulai keripik bayam pedas, keripik kentang putih, kerupuk gendar, enak semua!


 -Maap foto Bakmi nya ketinggalan dirmh nanti menyusul-

Nah sekarang baru melipir ke jajanan di daerah bandung bawah..

Mie Kocok Mang Dadeng

Dikenal juga dengan nama Mie Kocok jalan Banteng karena lokasinya yang ada di jalan Banteng. Yang istimewa dari Mie Kocok ini adalah.. spesial dicampur ama tulang sumsum... du du du du.. lemak memang enak :D 








Rumah Makan Cikawao

Rumah makan ini adalah salah satu rumah makan yang tertua di bandung. Menyajikan makanan khas Sunda tempo doeloe macem sayur leunca, genjer, jengkol, ayam goreng, babat goreng, paru, lidah, otak, dll. Dilengkapin lalapan sama 3 macem sambel : Sambel dadak, samber terasi sama sambel oncom. Aku paling suka sambel dadak nya!! Pssttt kabarnya nih Ibu Megawati Soekarnoputri kalo ke Bandung kudu wajib makan disini. Kakek aku aja doyan banget makan disini, bisa nambah banyak. Trus kebiasaan Engki (kakek, red) adalah milih macem-macem kerupuk dan jajanan di etalase nya. Resto ini modelnya prasmanan kaya resto padang. Jadi semua disajikan di meja, kecuali ayam goreng yang memang made by order. Yang kurang menurut aku karena prasmanan jadi makanannya udah dingin. Nasi aja dingin.. Tapi bisa sih kita minta untuk digoreng lagi/dipanasin.. Karena sambel dadak dan babat goreng juga ayam gorengnya enaaak banget.. jadi nasi dingin-nya dimaapin..






Sambel Dadak. Nom nom nom..


Sambel terasi dan sambel oncom

Batagor Burangrang

Mungkin bagi kebanyakan turis di kota Bandung lebih familiar dengan Batagor Kingsley atau Batagor Riri. Tapi sejujurnya menurut aku dan beberapa teman di Bandung lebih enak Batagor Burangrang ini. Lokasinya di Jl. Burangrang persis depan Sekolah BPI. Ada 3 jenis batagor yang disajikan : Siomay, Baso sama Tahu. Menurut aku sih tahu-nya enak banget.. lembut dan gurih. lebih enak dari batagor yg udah terkenal sebelumnya. Tapi memang di tempat ini cuma jual Batagor aja, sama yogurt homemade. Kalo ditempat batagor lainnya kan sekalian ada jajanan lain kaya yamin, es duren dll. Kalo kesini emang kheseus makan Batagor aja.. etapi bisa kok sekalian ke Bakso Malang Enggal sama martabak San fransisco (martabak pisang coklatnya endeuuss) yang jaraknya cuma beberapa meter dari Batagor Burangrang.



Maap ga ada foto Batagornya soalnya cuma bungkus setengah mateng aja dibawa ke Jakarta buat oleh-oleh.. hehe..

Menurut aku kalo ke kota tertentu wajib deh nyobain makanan khas kota tersebut. Walau misal ada cabangnya di kota kita. Ampera misalnya, rasanya yang di benhil jakarta ama Ampera buah batu bandung beda loh.. asa lebih enak yang di buah batu. Apa sugesti aja? Hahaha... Aduh ini jadi laper sendiri liat-liat fotonya lagi...

6 comments:

  1. wihh bandung bnr-bnr kota favorit :)) aku udah nyobain tuh makk juice stroberi yang di rainbow FO emg enak bgt :)) trus beli ice cafucinonya juga enak tp syg wkt tu ga sempet nyobain bakmi apinnya btw :) mie kocok nya bikin ngences !! ah jadi kangen bgt sama bandung :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enaak kaaan.. aku suka bingung mau juice strawberry ato ice cappucinno jadi pesen dua2nya hahaha... iya ya bandung selalu ngangenin.. :')

      Delete
  2. bener banget maak, ke bandung enaknya emang makaaan terus :)
    dulu jaman kuliah sering kesana, nebeng di kosan temen yg kuliah disana hihi
    pastinya diajak ke tempat makan hits kala itu, yg bisa nongkrong lama2 dan bikin berisik :D

    selalu seneng ke kartika sari dago beli banana rolls (std banget), kalau bokap malah demen belanja di cihampelas..
    dan kalau nginep di mess BI di setiabudi, cuma dadah2 sama rumod.. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang itu kartika sari banana roll nya juara.. pisang molen ya hehe.. kadang aku beli mayasari juga sih, soalnya ada yang pisang coklat molennya. Klo kartika sari kan ga ada.. sama coklat pastry.. nyum!

      Cihampelas emang jalan paling aman se-Bandung raya jeng.. soalnya ada Batman.. superman.. spiderman.. hehehe *krik krik krik..

      Delete
  3. Klo Batagor Burangrang paling sering beli di Primarasa Kemuning. Sekalian beli Molen, Brownies dkk ( dan jangan lupakan kripik Tempe di kios pojokan perempatan :) ) Sekalian bungkus 1 besek yang stengah mateng.

    ReplyDelete
  4. Halo...
    Jika kamu ada yang butuh Box Makanan kamu bisa coba menggunakan merek Greenpack.

    ReplyDelete