Thursday, January 17, 2013

Beautiful Bromo

Dari Malang, kita melanjutkan perjalanan ke Bromo. Waktu yang biasa nya ditempuh sekitar 2jam dari Malang  ke Bromo jadi molor hampir 8 jam gara2 macet total yang disebabkan oleh banjir. Emang lagi ujan terus sih hari itu. Ditambah supir kita pake acara nyasar pula, udah sampe ke daerah Nguling dan masuk2 ke kampung, sementara hotel kita bukan daerah sana.

Padahal kita udah sengaja berangkat jam 2.30 supaya sampe hotel di Bromo bisa santai2 dulu. Dan cukup tidur sebelum nanti dibangunin untuk berangkat ke pananjakan liat sunrise.

Tapi rencana tinggal rencana. Sampe hotel aja udah jam 10.30 malem *sigh*
Gimana nasib tidur cantik gue ini??? :))

Hotel kita di Bromo namanya Bromo Cottages. Lokasi nya di Tosari. Kayaknya posisi hotel ini agak beda dari penginapan2 lain deh. Jalan masuknya dari Pasuruan, dan ga terlalu jauh dari Malang. Ini yang bikin supir bis kita salah. cmiiw ya..kali2 yang baca ada yang lebih ngerti daerah sana :)

Hotelnya sendiri cukup nyaman untuk standar penginapan di Bromo yang rata2 agak "kuno". Dulu banget gue pernah ke Bromo dan masih teringat jelas hotel nya rada2 serem. Makanya sebelum nyampe hotel gue rada pesimis. Tapi ternyata cukup oke kok.


View dari cottage nya bagus dan yang paling keren itu lift nya hehe. Transparan dan jalan nya miring karena di tebing.

source: here 


Sampe hotel langsung booking Jeep untuk pagi2.

Biayanya 350rb/jeep untuk ke Pananjakan dan Kawah Bromo. Kalo mau nambah ke pasir berbisik dan savannah HARUS TAMBAH 200rb lagi. 1 jeep Bisa diisi untuk 6 orang. 

Dibangunin via telp sama resepsionis hotel jam 3 pagi. Dan mulai jalan ke first stop kita di Pananjakan sekitar jam 3.30.

Azka ga ikut liat sunrise, karena baru sembuh dari sakit gue takut dia kecapean. Lagipula gue yakin dia ga bakal enjoy liat sunrise gitu. Daripada mood nya jelek karena dibangunin jam 3 pagi. Lebih baik gue titip aja sama bonyok gue. 

Perjalanan ke Pananjakan ga memakan waktu lama, cuma sekitar 30-40 menit. Dan jalan nya ternyata bagus :D Seinget gue dulu tuh jalan nya agak ancur deh. Sekarang udah aspal mulus. Jadi lebih enak ga goyang di jeep.

Hati2 ya kalo jeep nya udah berenti dan bilang harus jalan ke atas. Karena masih gelap kita ga keliatan harus jalan sejauh mana. Banyak yang nawar2in pake ojek. Tante gue akhirnya naik ojek buat ke atas, sementara kita jalan.

Ternyata oh ternyata ditipu aja loh..kirain masih jauh. Taunya jalan 3menit udah sampe haha. Asli deket banget jalan ke atas dari tempat jeep2 parkir. Bayar ojek nya 10rb aja gitu untuk jarak 100m *_*

Sampe Pananjakan ternyata udah pada rame. Langsung cari2 posisi enak untuk liat sunrise.
Sayangnya karena musim hujan gini sunrise nya ga terlalu terang warna orange kemerahan kayak foto2 di postcard. Langitnya pun "bengep" karena mendung.

Tapi tetep cantik kok :)

It was the last sunrise in 2012.

Maaf ya blur banget fotonya..


ini udah agak siangan







Puas liat sunrise dan foto2 (tentu nya), kita lanjut  ke Pasir Berbisik (lautan pasir).

Ada2 aja deh ya..
abis dari Pananjakan ini mobil jeep rombongan 1 lagi mogok dong. Doeng! Jadi 1 rombongan terpaksa balik dulu ke hotel untuk tuker mobil.

Jadilah kita 1 rombongan jalan duluan. 

Untuk sampai ke Pasir berbisik dari Pananjakan harus turun ke bawah. Nah perjalanan ke bawah itu agak bikin pusing. soalnya kan ber kelok2.

Sesuai namanya, lautan pasir atau pasir berbisik ini ya seperti gurun pasir. Karena musim hujan, pasirnya jadi lengket2 kayak basah gitu. 

Sampe sana udah pagi sekitar jam 7 an, baru berasa saltum. Soalnya puanasssss.
Jadi ternyata emang kata supir nya, kalo musim ujan gini malah ga terlalu dingin. Paling suhu nya belasan derajat di Pananjakan pas liat sunrise. Kalo musim panas baru deh bisa sampe minus.

Sementara kemaren seluruh keluarga gue udah siap2 jaket tebel, syal, lengkap dengan sarung tangan haha.
Kecele nih yeee :p

Masa panas terik pake perlengkapan perang gini :D










thank you for amazing 2012..bring it on 2013!

Cerita ke Padang savannah dan Kawah bromo gue tulis terpisah abis ini ya :)

3 comments:

  1. ter-kece foto terakhir yang loncat kakaaaak!

    ReplyDelete
  2. rekeasi yang menantang
    wisata bromo the adventure tour
    makasih infonya

    ReplyDelete