Tuesday, February 26, 2013

Transportation : From Singapore to Johor Baru

As i said in my previous post, Johor Baru ini lebih deket dari Singapore.
Jaraknya pun ga terlalu jauh, kurang lebih sekitar 1 jam an deh.

Banyak cara untuk ke Johor Baru dari Singapore. Kalo specific mau ke Legoland bisa liat info coach/bus disini

Yang paling sering di rekomen di forum2 adalah naik coach dari Singapore Flyer. Karena walopun jam nya suka ngaret tapi pas check point ditungguin sama supir nya. Ini penting sih, i'll tell you why later.

Bisa juga naik taxi.  Eitsss tunggu dulu, ga bisa asal pake taxi. Harus pake taxi khusus yang tarif nya pun berbeda. Kalo ini bisa minta tolong sama pihak hotel untuk cariin. Gue pernah tanya ke @riani yang pernah pake jasa ini, tarif nya 75sgd one way from orchard-legoland. Yes, emang agak mahal. 


Buat yang naik Jetstar. Ada shuttle gratis dari changi ke Terminal Kota Raya JB. Kalo mau ke Legoland nya ya harus nyambung dari terminal bisa naik bis atau taxi. Tadinya temen nya okky mau pake shuttle ini ke JB. Udah nunggu di Changi kok ga dateng2. Selidik punya selidik, ternyata shuttle nya suka ga jelas jam berapa dateng nya. Susah juga ya kalo jadwalnya ga jelas gini huhu.

Masih banyak lagi sih cara2 lain, google sendiri aja ya. Yang gue mau cerita disini berdasarkan pengalaman gue aja yah.

Untuk pergi nya, kita memutuskan naik trans star coach. Kebetulan bisa brangkat dari Resort World Sentosa. Biayanya 5sgd (adult) dan 2.5sgd (child). Gue nemu blog ini. Info nya mayan lengkap.

Selain affordable, coach nya enak juga kok. Double decker dan cukup bersih juga dalem nya. 

Ribetnya adalah, ga ada tempat buat narok bagasi. Kebayang ga sih kita 3 keluarga dengan 3 koper plus semua bawa stroller. Semua barang cuma bisa ditarok di bawah, sementara, anak2 ribut mau nya duduk di atas. Ya terpaksa deh ninggalin semua barang2 di bawah sambil berdoa smoga aja aman. Dan alhamdulillah aman sentosa sih hehe.

Susahnya lagi, kalo naik coach/bus gini, pas check point kita harus turun DENGAN MEMBAWA SEMUA BARANG! Hmmppfffttt

Tadinya gue pikir it's not a big deal. Toh barang cuma 1 koper doang. 

Tak kusangka tak kuduga ternyata rempong benerr yaa..turun dan naikin barang gitu. Antri imigrasi nya si lancar. Tapi kemudian kita bingung nunggu bis nya dimana. Kok kita cari2 bis nya ga ada. Entah kita yang kelamaan di imigrasi atau gimana. 

Celingak celinguk kebingungan, akhirnya ada 1 keluarga juga yang tadi naik bis yang sama nunjukkin tempat buat nunggu. Oke lah kita tunggu bareng2

tik tok tik tok tik tok...

.........

.........

.........

tik tok tik tok...

.........

ZzzzzzZzzzz

Kok ga ada2 ya bus nya? Mulai worry dan akhirnya okky cari info nanya lagi ke petugas disana. Bener kok tempat nunggu nya. Tapi kemana bis nyaa?? 

Setelah hampir 1 jam nunggu dateng juga bis nya...
AKHIRNYA!!

Langsung dong kita samperin bis nya dan mau naik..
Baru mau bernapas lega...

Eh tiba2 BANYAK BANGET ORANG YANG MAU MASUK BIS ITU!!

Disini baru berasa deh rempongnya geret2 koper. Aku bingung..didorong2 orang. Huaaaa..
Okky sampe tereak2 nunjukin tiket ke petugas di depan bis nya. Gue masih kedorong2 sambil pegang azka. Karena kesel gue tereak "ini kenapa pada dorong2 rebutan semua sih"

Eh dijawab ama orang dibelakang gue sambil KETAWA "ya namanya check point ya wajar lah rebutan"

WHAT??

Jadi ternyata, dari checkpoint singapore untuk nyebrang ke imigrasi Johor Baru kan cuma 2 menit. Nah itu orang2 bisa numpang naik bis seenaknya aja, tanpa harus punya tiket, dan ga harus bis yang sama..

Dan memang pas gue masuk ke dalam bis nya udah beda. Ternyata kita UDAH DITINGGALIN sama bis yang tadi. Huh! 

Bis nya jadi penuh sesak sampe banyak yang berdiri2 di bawah mau pun di atas. Dan temen nya okky hampir ketinggalan padahal dia udah tereak sambil pegang tiket. Pintu bis nya udah mau ditutup karena udah kepenuhan di dalem.

Begitu sampe imigrasi JB dan keluar bis, kita semua pun kapok. Dan bertekad..pulangnya HARUS sewa mobil aja!! 
Tak sanggup aku..harus desek2an dorong2 begitu..

Walopun sebenernya kalo dipikir cuma sebentar ya bersusah2 nya. Dasar emang kitanya aja yang manja hehe. 

Hotel kita di JB deket banget sama checkpoint. In fact, bisa jalan kaki. Walopun gem to the por! Perjalanan tadi yang menurut kami agak2 ajaib udah bener2 bikin capek. Jadi jarak jalan kaki kurleb 2km (sambil geret koper dan ngangon anak) udah berasa jauh. malu dong ah liat emak2 lain yang tiap hari lari berbelas2 kilometer hihi. Untungnya ngelewatin mall, jadi nya adem.

Itupun kita pake istirahat sejenak untuk dinner. Akibat kecapean dan rencananya begitu sampe hotel udah tinggal beberes dan tidur aja.

Nah untuk pulang ke Singapore hari Minggu pagi, sebelum malam nya kita terbang ke Jakarta, udah bisa ditebak lah ya kita nyari mobil sewaan hehe.

Dari supir taxi innova yang kita pake ke Legoland, dapet mobil hyundai gede. Dengan harga 400sgd untuk 1 hari.  Rutenya terserah mau kemana aja. Pokonya sampe waktu nya kita harus ke Changi si supir siap mengantar kemana aja. 

Hari Minggu itu bertepatan dengan Chinese New Year, dimana menurut info bakalan susah cari taxi di Singapore. Rencana nya kan sebelum sore ke Changi, kita mau jalan2 dulu sekitar orchard. 

Dipikir2 kalo mau muter2 singapore bingung juga kalo sambil geret2 koper. Mau pake taxi pun takut susah karena lagi CNY. Kalo sewa mobil kan barang bisa ditarok di mobil aja. Terus kalo mau pindah tempat tinggal telpon supirnya dan wuzzzz mobilnya dateng. 

Emang mahal banget sih rate nya...Tapi semua nya udah malas dengan pengalaman pas masuk JB. Jadi di oke in harga segitu. Tutup mata ajalah pas keluarin duit buat bayar :p

Beda dengan naik bis. Kalo naik mobil sewaan, di tiap check point kita ga perlu turun apalagi geret2 koper. Tinggal duduk manis di mobil. Semua proses nya drive thru. Kita cuma di absen 1-1 dari jendela. 

Sungguh beda sekali sama pas naik bis..Kalo pake mobil gini, cape dan rempong free!!
Para nyonya tinggal duduk manis di mobil :p

Tapi kemaren salah satu dari kita sempet disuruh turun di imigrasi Singapore. Sempet deg2an takut ada masalah. Kata supir nya ga usah kuatir, emang suka kayak gitu. Random check aja.
Emang bener sih yang turun ga ditanyain macem2 juga.  

Pastinya kalo sewa mobil lebih enak ya..cuma mahalnya aja ga nahan. Soalnya sebenernya jarak JB ke singapore tuh deket banget loh. Kemaren nyampe orchard cm 1 jam padahal udah sempet nunggu di check point karena ada yang disuruh turun.

Gue curiga kemaren rate nya mahal karena CNY sih. Gue browsing2 harusnya ga semahal itu kok. Ini gue kasih aja CP nya ya..kali2 bisa berguna :))

Said : +60106312030

5 comments:

  1. gue juga waktu ke JB naik Transtar Cross Border. Pake drama karena ga ada uang pas. Jadilah adek gue kebirit2 masuk lagi ke T2 untuk beli air mineral demi uang receh. Padahal udah waktunya berangkat. Untung supirnya baik, masih mau nungguin :)

    Kocaknya pas turun di Woodland sempet panik gara2 liat semua orang jalan buru2. Ternyata karena kudu ngejar bis. Dan sempet bingung juga pas masuk bis koq tiba2 penuh banget. Eh masih bengong bin heran tau2 udah sampe JB aja haha..

    udah gue ceritain sih di http://tentanghanny.wordpress.com/2012/09/28/how-to-go-to-johor-from-changi/ :)

    ReplyDelete
  2. hanny
    ya kann..gue juga terkaget2 loh loh kok penuh amat ni bus jadinya..
    ternyata oh ternyataa...huhu
    pengalaman lah ya..next time biar bisa lebih well prepared :D

    ReplyDelete
  3. hehhe, tahun lalu..thanks God, punya kesempatan ke Malaysia, ke selangor terus mampir ke JB terus ke Spore dan berakhir di KL :)

    Bener mbak, deket koq JB ke spore. Selama di Spore pake MRT plus bis...Karena temenku kebetulan mahasiswa UTM :D

    Kalo mau gak ribet ya emang rental mobil aja ya ;)

    ReplyDelete
  4. salam kenal.. di JB kita bisa lihat apa saja yah?

    ReplyDelete
  5. Itu rental mobil 400sgd klo dikurskan 3.8 jt mahaaal bangeeet hahaha Blogwalking : htttp://diarysivika.blogspot.com/

    ReplyDelete