Tuesday, February 24, 2015

MPASI saat Traveling


Masih inget kira-kira 4 tahun yang lalu waktu Zahra umur 13 bulan, aku rasanya super ribet ngurusin makanan si batita. Maklum ibu baru, semua kudu ideal dan well-prepared, makanan si 13 bulan pun dipersiapkan dengan seksama. Aku sengaja bawa semua makanan dari rumah, dari mulai yang 100% homemade kaya bawa frozen gravy, kaldu beku, panci listrik sampe manual grinder. Tapi aku juga jaga-jaga bawa makanan siap saji buat keadaan darurat.

Saat minggu kemarin ke Bali dan bawa Zayyan yang masih usia 7 bulan, aku kembali berjibaku sama urusan MPASI. Tapi emang emak males udah belajar dari pengalaman sebelumnya aku gak terlalu ribet kaya dulu soal makanan si bayi. Prioritasnya sih pengen tetep makanan sehat, tapi kalau memang gak memungkinkan aku nggak masalah sekali-sekali ngasih makanan siap saji. We're on holiday afterall. Aku percaya tiap Ibu tau yang terbaik untuk anaknya, jadi disesuaikan aja dengan kondisi masing-masing ya.

Dine with the Lions at Bali Zoo


Jadi mungkin sebelum mempersiapkan makanan coba kenali dulu tipe makanan kaya apa yang kita inginkan untuk si bayi. Aku bagi jadi 3 tipe :

1. 100% HOMEMADE BABY FOOD

Untuk konsumsi hari yang sama, ada 3 buah siap saji yang bisa kita andalkan :



Pisang : tinggal di kerok dengan sendok
Jeruk : cukup peras dan saring dalam gelas
Alpukat : tinggal dikerok dan saring  




Untuk konsumsi beberapa hari setelahnya dan apabila waktu perjalanan memungkinkan, kita bisa bawa Frozen Food dari rumah seperti Frozen Gravy (beef atau chicken, resep bisa lihat disini) dan Frozen Puree. Cuma pastikan aja kita cukup mengkondisikan makanan tersebut akan tetap beku selama perjalanan sampai masuk ke kulkas hotel.

Potato Spinach Puree on the go!

Puree siap dibekukan untuk diajak jalan-jalan


Untuk segala teknis dalam membawa makanan rumahan saat traveling bisa baca buku MPASI Traveling Cihuy-nya @MamaKokiHandal ya #bukanpromoberbayar #tapikarenagabisanulisterlalulengkap



Semua Frozen Puree harus dalam keadaan matang. Sudah dikukus/baked, lalu di blender sampai tingkat kehalusan yang diinginkan. Berikut daftar makanan yang bisa dibekukan (sumber dari buku Mpasi Traveling Cihuy oleh @MamaKokiHandal).

Silahkan bekukan :

Wortel, kentang, brokoli, bunga kol, kacang polong, kacang merah, Zukini, apel, pear, mangga, macam-macam kaldu, dan puree daging/ikan matang (gravy).

Jangan bekukan :

Melon, peach, semangka, alpukat, nektarin, strawberry, blewah, pepaya, pisang, kiwi, semua lebih baik dalam keadaan segar.

Cara menyajikan makanan : Cukup rendam dan hangatkan di mangkok/mug berisi air panas.

2. BELI HEALTHY BABY FOOD DI ONLINE SHOP

Pengen tetep ngasih makanan sehat ke bayi tapi gak pengen rempong masak-masak? Ya beli aja! Hamdallah hari gini banyak online shop yang jualan Homemade Baby Food di kota-kota wisata. Jadi dengan mengucap Basmallah kemarin aku gak mau bawa segambreng frozen food, cukup bawa persediaan 1 hari dan sisanya order ke online shop di Bali. Cek dulu tapi ya, apa beneran homemade dan non MSG, dan pastinya NO added sugar and salt untuk dibawah 1 tahun. Berikut beberapa list online shop yang jual healthy baby food di beberapa kota di Indonesia :

Jakarta : Baby Bar
Bandung : Bebitang
Bali : Mini Muncher
Surabaya : IG @HealthyBabyFood



Kemarin aku jadi tinggal order online dan COD saat diantar ke hotel. Kita tinggal angetin aja pake food warmer atau kalau aku sih cukup direndam pake gelas/mangkok yang diisi air panas. Itu juga aku minta aja pas lagi makan di resto, jadi gak bawa-bawa mangkok atau thermos.

Kalau ada yang mau nambahin OLS Baby Food di kota-kota wisata lain boleh isi comment yah, nanti aku tambahin disini. Membantu banget lho buat emak-emak yang punya bayi tapi tetep pengen traveling dan ngasih makanan sehat.

3. MAKANAN SIAP SAJI

Mengingat pengalaman Zahra dulu yang nggak mau sama sekali Gravy yang aku buat, aku akhirnya nyerah dan ngasih makanan siap saji. Daripada gak makan? Untunglah makanan ini tersedia dimana saja di supermarket seluruh dunia. Jadi tinggal beli di supermarket lokal dan berikan sama bayi. Memang paling simple, bisa disimpan di suhu ruang, tinggal buka dan suapin ke anak. Banyak merk yang bisa dipilih, ada Gerber, Heinz, Organic Baby, Earth's Best dll.

Gambar dari Google


Karena kita cuma traveling dalam negeri dan masih memungkinkan bawa makanan rumahan jadi aku prioritas ngasih makanan sehat dulu.

Look what's inside Zayyan's lunch bag :




Mangkok, 2 buah sendok plastik, Frozen Potato Puree, Frozen Apple Cinnamon Puree (from Mini Muncher), gelas plastik, saringan (buat jaga-jaga aja), Blue Ice supaya makanan tetap segar dan Slabber.

And we are ready to go! Have a nice holiday with your little ones Mommies!







No comments:

Post a Comment