Saturday, January 23, 2016

Colmar Tropicale Malaysia

Colmar sebetulnya adalah salah satu kota di Alsace Perancis Timur. Dikenal sebagai kota yang photogenic karena bangunan-bangunan di kota ini masih mempertahankan keaslian nya. Bahkan saking cantiknya, di web ini Colmar disebut2 sebagai City of Fairy Tale. Mungkin ini juga yang menginspirasi Disney ketika membuat film animasi Beauty And Beast. Yang pernah nonton Beauty And The Beast pasti familiar dengan bangunan2 di kota ini yang mirip dengan desa nya Belle. 

image from here
Di Kuala Lumpur ternyata ada tempat yang "mencontek" kota ini. Namanya Colmar Tropicale di Bukit Tinggi. Dari namanya aja udah jelas ya hehe. Lokasinya ga terlalu jauh dari Kuala Lumpur. Kurang lebih 1 jam naik mobil. Berhubung velum kesampean mengunjungi Colmar di Prancis, kita ke KW nya aja dulu di Malaysia :p



Bukit Tinggi ini semacam Puncak kalo di Jakarta. Jadi view sepanjang perjalanan baguss deh. Harusnya si adem ya, tapi kemaren matahari bersinar cukup terang, jadi ya ga terlalu berasa adem. 

How To
Tersedia shuttle bus dari Berjaya Times Square Bukit Bintang. Untuk biaya dan waktu bisa di cek disini.

Gue sendiri ke Colmar Tropicale menggunakan mobil sewaan, masih sama dengan yang gue pake ke Malacca.

View sepanjang perjalanan kesini bagussss loh, seneng deh liat yang ijo2. Walo pas udah mulai menanjak jadi berkelok2 bikin sedikit pusing. 

Begitu memasuki kawasan Colmar Tropicale, kita disambut oleh bangunan castle yang megah. 




What to do
Colmar Tropicale sendiri sebenarnya adalah resort and entertainment complex. Bagi pengunjung, dikenakan biaya 13RM per orang untuk memasuki kawasan ini. Ga tau ya kalo untuk tamu hotel, harusnya sih ga bayar lagi dong. Tiket tersebut sudah termasuk tiket masuk ke Botanical Garden dan Japanese Garden

Selain itu ada juga tempat2 lain seperti yang tertera di peta di bawah ini


Untuk ke lokasi2 tersebut disediakan free shuttle. Tapiii..informasi nya kurang jelas dan antrian juga kurang jelas. Tadinya gue dan keluarga mau ke Japanese Garden dulu, udah antri lebih dari 30 menit , shuttle nya ga jelas yang mana. Begitu shuttle datang, eh diserobot ama 1 keluarga lain. Padahal kita udah di antrian lama, sementara mereka baru datang. Ga ada staff yang atur sih, jadi main serobot sana sini.

Keburu bete, akhirnya kita putusin explore sekitar hotel aja dulu, sekalian cari makan siang. Setelah itu baru ke tempat lain pake mobil sendiri aja. Inget ya, yang udah sewa mobil, mending keliling2 nya pake mobil sendiri aja. Apalagi kalo pas peak season kayak gue kemaren. Pengunjung lagi rame2 nya sehingga makin ga jelas info dan aturan nya gimana.


begitulah azka kalo disuruh foto >_<




Hotel & Entertainment Complex
Untuk kawasan sekitar hotel sebenernya ga terlalu besar. Jalan nya hanya kira2 200m yang di kiri kanan nya berderet bangunan2 ala Peranis Timur. Bangunan2 ini isinya selain hotel, ada resto2, semacam timezone mini, dan 6D simulator. 

Ga terlalu banyak yang bisa dilakukan selain foto2. 6D simulatornya pun semua nya horror. Males deh gue jadinya. 




Ada beberapa resto disini, gue memilih resto yang entah apa namanya. Menu nya hanya roasted chicken. Harga makanan disini rata2 26RM dan minuman seperti coca cola, ice lemon tea, dll 7RM. Rasa ayam nya menurut gue sih cukup enak. Karena porsi nya besar jadi harga segitu masih tolerable ya. Lupa banget foto resto dan makanan nya karena udah kelaperan semua.








Ga butuh waktu lama sih untuk keliling. Paling 1 jam juga udah cukup buat orang yang ga suka foto2. Tapi kalo gue sih mungkin kalo lagi sepi bisa menghabiskan lebih lama buat foto2 hihi. Soalnya walo kecil tapi lucu bangettt bangunan2 nya. Bener2 mirip ama foto kota-kota di Perancis Timur. Aku sukaakk hehe

Walo gue belum puas foto2, tapi rombongan lain udah mulai kebosanan, jadi marilah kita lanjutkan perjalanan..

Japanese Garden




Awalnya gue pikir untuk kesini bisa jalan kaki dari hotel. Tapi ternyata lumayan. Naik mobil aja sekitar 10-15menit.

Untung banget kita pake mobil sewaan, jadi bisa anter langsung. Itupun parkiran mobil masih jauh dari pintu masuk Japanese Garden. Melihat kondisi jalanan yang nanjak, bokap nyokap gue memutuskan untuk nunggu aja di parkiran, karena ternyata kita masih harus naik ke atas dengan jalan kaki sekitar 5-10min. Iyaa sebentar sih, tapi nanjak cynn..ngos-ngos an jugaa eyke. 

Kirain mah gimana gitu yah Japanese Garden, ada pohon sakura atau apa. Ternyata saudara2..hanyalah taman biasa. Jauh banget dari ekspektasi gue haha. 

Jalan setapak nya tuh sempit mak. Kebayang kan lagi rame gitu kudu senggol2an. Pluss kudu naik turun tangga. Ya mamihhh *pijet pijet kaki*



Yang bikin unik mungkin disini ada replika rumah jepang, dan bisa sewa kimono untuk berfoto di dalam rumah dan juga seputar Japanese Garden. Menurut kita si taman nya juga kurang menarik dan agak berbahaya buat anak2. Soalnya agak licin dan banyak tangga. Jadi kita cuma muter aja tanpa banyak foto2. 

Botanical Garden
Lokasinya bersebelahan dengan Japanase Garden. Kita pikir udah kadung sampe sini, ya udah lah masukin aja.

Ternyata botanical garden nya lebih parah daripada Japanese Garden haha. Ga ada apa2. Cuma hutan doang. Mana kondisi tanaman2 yang di pot kok menyedihkan gitu. Malah kayak ga keurus. Tertipu ini mah judulnya. Pantesan aja gratis masuk sini ya hihi.



Padahal tadinya nyokap gue udah excited banget pengen ke japanese dan botanical garden. Untung aja ga ikut. Kalo ikut kasian banget pasti kecapean. Gile makk turun naik nya itu loh. Namapun di gunung ya *lap keringet*

Jadi menurut gue, 2 taman ini di skip juga gpp kok. Kalo penasaran banget pilih ke Japanese Garden aja udah cukup hehe. 

Animal Park
Setelah ngos-ngos an muter Japanese dan Botanical Garden. Kita memutuskan untuk ke Animal Park. Keliatan nya si seru buat anak2. 

Entrance Ticket : 4RM

Di animal park ini ada beberapa jenis binatang yang dibiarkan lepas. Orang2 bisa bebas mengelus dan kasih makan.

Tempatnya memang kecil, tapi buat anak2 seruuu..

Ada rusa (atau kancil?)





Ada kelinci yang kayak patung karena diem aja. Si Azka ampe bingung udah nyodor2in wortel ke mulutnya si kelinci masih tetep tak bergeming.


Selain binatang2, ada juga playground



ga paham juga ini bocah lagi ngapain :p
Nah buat yang bawa anak2, daripada ke taman2 yang gue sebutkan di atas, mending langsung ke Animal Park aja deh. Walopun bayar extra, tapi murah banget dan anak2 lebih menikmati.

Untuk kesini 1/2 hari aja cukup. Buat yang berencana kesini pake shuttle dari Bukit Bintang agak ribet atur waktu nya. Karena shuttle nya hanya di jam2 tertentu. Kalo takut kelamaan nunggu, lebih baik  beli ticket 1 trip aja, pulangnya naik taxi dari Colmar Tropicale.

Untung gue udah baca2 sebelum kesana, dan langsung memutuskan untuk pake mobil sewaan aja. Dan memang keputusan yang tepat banget deh. Walo mungkin lebih mahal, waktu nya bisa lebih flexible dan efisien. 

6 comments:

  1. Asik banget deh tempatnya. Mungkin Farm House Lembang terinspirasi dari sini ya.

    ReplyDelete
  2. kaya di Eropa banget suasananya..kereenn

    ReplyDelete
  3. halo..mbak boleh bagi info sewa mobilnya disana utk ke colmare gimana ya? berapa biaya dan gimana caranya?

    ReplyDelete
  4. halo mbak..bisa share info gimana cara sewa mobil utk ke colmare ya?

    ReplyDelete
  5. Kok gtu2 doank ya tmptny. Kyaknya boring bnget deh. Pdhl aku jan msu ksini jg. Baca ini jd illfeel saya. Hahaha...

    ReplyDelete
  6. Oh ...baru tahu ada yang beginian. Kalau belum bisa ke Perancis beneran, ke KW-nya dulu aja kali ya. Hahaha!

    ReplyDelete