Wednesday, February 3, 2016

Permohonan Paspor Anak

Bikin Paspor tu emang gampang-gampang susah. Maksudnya gampang persyaratannya, tapi susah antrinya. Yakaaan... siapa sih yang gak males jam 7 pagi udah kudu nongkrong di Kantor Imigrasi, itu juga ternyata antriannya udah mengular. Tapi karena aku orangnya bayar calo lebih gak rela, jadi kudu dibela-belain lah, toh 5 tahun sekali.

Yang pertama yang harus dilakukan tentu saja cek persyaratan. Again, gampang-gampang susah, karena ketinggalan satu dokumen aja udah deh gak diterima. Jadi aku selalu bikin check list di depan map untuk memastikan semua persyaratan sudah lengkap, karena untuk permohonan paspor anak dokumen yang harus dilengkapi agak banyak daripada paspor dewasa, Trus sekarang anaknya dua, jadi double deh haha.

Ini dia check list nya aku bikin agak bagusan tapi ini mah amatiran ya sotosopnya :



Persyaratan Permohonan Paspor Anak :

  1. Fotocopy KTP kedua orang tua. Di fotocopy 2 KTP Ibu + Ayah dalam 1 LEMBAR ya. Kemaren aku satu lembar cuma 1 KTP jadi disuruh digabung dan copy ulang deh.
  2. Fotocopy Kartu Keluarga yang tercantum nama anak.
  3. Fotocopy Akte Kelahiran Anak.
  4. Fotocopy Buku Nikah Orang Tua.
  5. Fotocopy Paspor Orang Tua. Sama seperti KTP, fotocopy kedua paspor Ibu + Ayah dalam 1 LEMBAR. Jangan terpisah.
  6. Surat pernyataan orang tua bahwa akan bertanggung jawab terhadap keberadaan paspor anak, ditandatangan di atas materai oleh kedua orang tua.
  7. Paspor Lama (Jika memiliki).
Tentang Nomor Antrian Prioritas :

Jadi Lansia, Cacat, Ibu Hamil dan Anak dibawah 2 tahun (cmiiw) memiliki hak prioritas untuk mengambil nomor antrian. Tapi itupun jumlahnya terbatas, jadi lebih baik datang lebih pagi. Alhamdulillah sih kemarin walau udah antri 30 orang, tapi karena bawa bayi jadi dapet nomor 1. Huuuraaaahhh!!

Prosesnya pun cukup cepat, karena memang aku sudah melengkapi semua dokumen, dan gak mengajukan paspor online lho, jadi aku dateng aja 1 hari itu, jam 7 pagi sampai di Kanim, ambil no antrian, di foto, ambil sidik jari, bayar langsung saat itu juga sebesar Rp. 355.000 untuk Paspor biasa 48 halaman, jam 9 udah keluar dari Kanim. Paspor nya juga tinggal diambil 3 hari kerja. Cepet yaaa..

Dibawah ini persyaratan lebih detail dan skalian aku cantumin Surat Pernyataan Orang Tua dan Form Permohonan-nya ya, walau kayanya tetep harus pakai form yang sudah disediakan di kanim ya karena bolak balik. Goodluck!









7 comments:

  1. berguna banget iniiii,makasih turis kece :*

    ReplyDelete
  2. Wah, Kantor Imigrasi mana ini? Asyik banget bisa antri jam 7 dan dapat no antrian untuk yang manual. Pas bikin di Kantor Imigrasi Jakarta Utara, antri dari jam 4 lebih (subuh gitu) dan sudah ada 9 org yang antri. Terus pas di list (jam 7 an list dan masuk kantornya) dapet no 15 karena 1 org antri bisa bawa keluarga max 4 org. Berarti yang di Jakarta Utara, antrinya lebih panjang yah. Hehehehe..

    -Diana-

    ReplyDelete
  3. Maaf mau tanya, tanda tangan pernyataan orang tua itu matereinya cuma 1 yaa

    ReplyDelete