Wednesday, March 8, 2017

JR Pass- Is it Worth To Buy?

pic from here

Sebagian besar orang Indonesia yang akan liburan ke Jepang merasa perlu membeli JR Pass. Padahal tau ga sih, hanya karena bertuliskan unlimited use of all JR lines, ga langsung membuat JR pass ini menguntungkan buat kita. Semua bener2 tergantung sama itinerary yang kita bikin. Baiknya sih memang rajin2 browsing Japan Guide dan Hyperdia supaya bisa itung2an.

Jangan dikira udah punya JR pass ga perlu beli IC card (icoca/pasmo/suica). JR pass hanya efektif untuk rute2 luar kota. Kalo dalam kota, apalagi kota kecil kayak Kyoto harus beli local pass. Jadi selain beli JR pass, kita tetep harus mengeluarkan uang untuk beli local pass atau IC card. 

Rute terpopuler untuk liburan ke Jepang adalah Tokyo, Kyoto, dan Osaka. JR pass ini akan sangat menguntung untuk yang mau mengunjungi lebih dari 4 kota. Atau setidaknya yang punya return ticket Jkt-Tokyo. Karena 1 way trip Tokyo - Osaka/Kyoto kurang lebih 14000yen. Jadi return nya 28000yen kan. Untuk lebih detailnya, bisa cek JR pass calculator ini ya. 


Nah tapi ini sebenernya bisa disiati dengan beli flight ticket multicity. Gue kemaren beli tiket nya CGK-KIX, return HND-CGK. Harga flight multicity gini ga beda jauh kok, paling cuma beda 200-500rb. Daripada bayar 1 way ticket shinkansen yang 14000yen yaa kannn??

In my case, 9 hari di Jepang dan flight multicity. Rute gue kemaren adalah :
Osaka - Kyoto - Kanazawa - Shirakawago - Tokyo (+Gala Yuzawa). 

Sebenernya bisa paid off dengan JR Pass, karena bisa dipake untuk rute :

Osaka - Kyoto : 1730
Kyoto - Kanazawa : 6900yen
Kanazawa - Tokyo : 14120 yen
Tokyo - Gala Yuzawa (return) : 13000yen

Kalo beli JR pass hanya bayar 29110 yen
2x dewasa : 58220yen atau 6.986.400
1x anak : 14555yen atau 3.493.200

Total cost : 10. 479.600

Setelah berminggu2 jereng browsing Japan Guide dan Hyperdia, gue akhirnya memutuskan untuk tidak membeli JR Pass.

Karena apa?

1. Harga nya mahal
Dengan harga yang cukup mahal 29100yen untuk dewasa dan 50% diskon untuk anak2, terus terang gue berpikir 100x lipat untuk membeli JR pass. Kurs sekarang kisaran 118-120 berarti harga JR pass itu sekitar 3,4jt/orang (adult). Wakss hampir sama dengan harga tiket ke Jepang yang gue  dapet :p

2. Gue di Jepang selama 9 hari
Pilihan JR pass hanya ada yang 7 hari atau 14 hari. Sementara gue 9 hari nanggung banget kan. 

3. Banyak pilihan alternatif yang lebih murah
Transportasi di Jepang itu ada banyak lho. Ga hanya shinkasen. Regular train dan bus antar kota juga banyak. Harganya bisa jauh lebih murah. 

Setelah mantep ga mau pake JR pass, mari kita itung2..

Rute yang bisa dicover JR pass seperti diatas gue ganti dengan

Osaka to Kyoto
Osaka - Kyoto Sighseeing Pass (700yen)
Where to buy : Kansai Airport Tourist Information Center



Kartu ini bisa dipake untuk seluruh Keihan Line di Osaka dan Kyoto selama 1 hari.
Untuk ke Kyoto, dari Osaka bisa dari Yodoyabashi station. Dari situ ada direct train ke Kyoto.  Perjalanan memakan waktu sekitar 40-50menit tergantung turun di station mana di Kyoto. Sayangnya memang keihan line ga ngelewatin Kyoto Station. Berhubung hotel gue di Kyoto Station, jadi kita harus transfer lagi.

Kartu ini cukup menguntungkan sih karena selain bisa dipake untuk perjalanan Osaka - Kyoto, bisa juga dipake untuk ke tempat2 wisata sekitar Kyoto. Not bad untuk harga 700yen.

Gue ga nemu nih link yang menjelaskan tentang Osaka-Kyoto Sightseeing Pass. Kemaren gue tau info tentang ini pas sampe Kansai Airport ada iklan nya di banner gede. Jadi gue dateng ke Tourist Information Center, nanya2 sedikit dan akhirnya memutuskan beli.

Kyoto - Kanazawa
Tetep pake JR train, tapi beli ketengan. JR Thunderbird (6800 adult)
Where to buy : JR ticket office Kyoto Station

Kanazawa - Tokyo
Willer night bus (4630 adult)
Where to buy : online from willerexpress.com

Dari hasil gue browsing, Willer night bus adalah alternatif termurah untuk rute antar kota yang lumayan jauh. Dari Kanazawa - Tokyo harganya hanya 1/3 tiket JR trains. Dan karena ini bus malem (lama perjalanan kurang lebih 8 jam), jadi bisa hemat hotel juga 1 malem :p.

Tokyo - Gala Yuzawa (return)
Tokyo Wide Pass (10000yen)
Where to buy : JR ticket office (biasanya di station gede seperti Shinjuku, Shibuya, etc)

image from here


Untuk ke Gala Yuzawa, akses paling gampang memang menggunakan JR train. Pas gue cek kok ternyata mahal banget ya return ticket nya. Untung lah ada Tokyo Wide Pass.

TWP ini sangat membantu sekali untuk yang mau explore Kanto Region. Bisa dipake ke Gala Yuzawa, Fuji Five Lakes dan Kawazu untuk liat early bloomers sakura. Selain itu bisa dipake di dalam kota Tokyo. Rata2 untuk lokasi turis udah dicover JR lines. Termasuk untuk ke Odaiba.

Untuk detail info dan coverage lengkap nya silakan baca disini ya. Dengan harga 10000yen si menurut gue worth to buy banget.

Total :
21430yen x 2 dewasa = 42860yen atau 5.143.200
1 anak = 2.571.600

Total cost : 7.714.800

Kira bisa hemat sekitar 2.764.000. Belum lagi ditambah hemat hotel 1 malem sekitar 800rb karena pake overnight bus.

Mungkin untuk 1 orang ga terlalu significant ya beda nya. Tapi karena gue bertiga, yaaa lumayan lah buat jajan makan jumlah segitu :D

Jadi buat yang lagi berencana mau liburan ke Jepang, sebaiknya dipersiapkan dulu itinerary dari jauh2 hari supaya punya cukup waktu untuk browsing biaya transport. Baru deh nentuin beli atau ga JR Pass.

Selain kartu2 diatas, gue pake beberapa kartu lagi untuk explore Osaka, Kyoto, dan Tokyo. Mudah2an bisa di tulis di post selanjutnya ya :)

1 comment:

  1. Kalau cuma sekitar tokyo osaka saja sih enggak beli gak apa. tapi kalau sampai keliling-keliling jauh, sampai hokkaido misalnya. Lebih enak pake JR pas, karena bisa naik turun shinkansen seenaknya :D

    ReplyDelete