Blackberry & Internet di Korea

Kalau lagi berencana travelling ke luar negeri, pasti kita nyari tahu gimana cara Blackberry kita bisa connect ke BIS, Iphone kita bisa internetan, atau Galaxy kita bisa online dsb dsb.

Ya kann..biar tetep eksis dong nge twit dan pamer TO selama di negara tujuan :p

Pilihan yang bisa kita pakai adalah :
  1. Enable Data Roaming di negara tujuan (+++ gampang — mahalnya nggak karuan)
  2. Langganan paket roaming (BB atau data roaming)  (++ relatif lebih murah — tapi buat gue yang gaptek ini ribet setting nya)
  3. Beli Pre-paid di negara tujuan, terus di pasang di HP atau di MiFi (+++ paling murah — tapi harus nyari starter pack dulu, ga bisa langsung online deh begitu sampe airport hehe)
Untuk pilihan ke dua : Operator-operator Indonesia biasanya nyediain paket Blackberry roaming ataupun Paket Data roaming. Tapi kalo kita liat tarifnya, nggak murah juga ya. Untuk Blackberry International Roaming rata-rata ratenya adalah : 100rb 3 hari, dan untuk Data Roaming sekitar 100rb per hari.
Pas travelling ke Korea kemaren, kita coba cari tahu apakah bisa beli prepaid card 3G, karena dari Jakarta, seperti travelling kita sebelum2 nya, kita berencana bawa Mini WiFi.
 Ini MiFi yang biasa menemani kita ke luar negeri.
Tapi setelah kita browsing browsing nyari info, ternyata di korea kita nggak bisa sembarangan beli pre-paid card. Dan lagi sistem telekomunikasi di korea yang BERBEDA dengan Indonesia, untungnya HP 3G dari Indonesia bisa roaming di korea. Sementara HP 2G nggak bisa..

Jadi catatan juga buat yang HP nya BlackBerry Curve 2G nggak akan bisa roaming di korea ya 🙂 
Pilihan untuk di korea adalah : rental handphone atau rental Mi-Fi. Ada beberapa provider yang menyediakan rental ini :
  1. SK telecom : http://www.skroaming.com/en/rent/modem.asp
  2. KT Olleh : http://roaming.kt.com/renewal/eng/wibro/rental.asp
Untuk travel kita kemarin kita pilih KT Olleh dengan alasan :
WiBro Egg yang mereka provide bisa konek ke 5 devices secara bersamaan, sementara egg yang di provide sama SK telecom cuma bisa konek ke 3 devices.
Harga untuk rental nya adalah :
8000KRW per hari (sekitar 70rb)
Terlihat mahal? tapi kalo dipake 5 devices jadinya irit kan ketimbang pake paket BB dari operator atau paket data roaming.
Selain itu ada depositnya 200.000 KRW, deposit bisa pake Credit Card, daripada ngasih cash segitu.

Credit Card kita juga bukan di charge, tapi di hold limitnya 200.000 KRW (sekitar 1.7 jt), tapi jangan takut begitu dibalikin, limitnya di release lagi kok. Full tanpa potongan. 

Ini yang kita dapetin si ‘telor’nya.. ada chargernya (konektor sama ama charger BB)
Note : 
pilih yang WiBRO Egg yah.. kalo yang WiBRO doang itu artinya modem yang di colok ke USB (bukan Mi-FI).
Cara untuk rental nya :
  1. Order dulu lewat web (supaya pas kita dateng udah disiapin, di charge full, dll), kita tinggal sebutin mau pick-up di airport mana (Incheon in our case), terus berapa lama kita mau rental dsb.
  2. Pas sampe di airport dan keluar dari custom, tempat rentalnya keliatan jelas.. langsung pas kita keluar keliatan counter nya KT Olleh sama SK telecom sebelahan.
  3. Untuk kembaliin, pas kita mau terbang balik tinggal balikin ke tempat kita ambil waktu dateng.
 Conter Olleh dan SK telecom di Airport Incheon
setelah kita dapet ‘telor’ nya, tinggal setting BB kita untuk connect pake WiFi ke si telor, setting Iphone buat connect ke WiFi ‘telor’ ini juga…
Done..
Langsung deh bisa online semua gadget…mana cepet banget lagi internet nya :))

Asik kan kalo kita bisa selalu connect ke internet, bisa selalu googling kalo lagi butuh sesuatu, bisa liat info Subway, bisa cari review tempat makan, tapi yang paling sering sih buat langsung mejeng poto di FB, Path, Twitter sama instagram *banci socmed* 
Note:
si Wibro Egg ini punya batete yang cukup oke sih (sekitar 4-5 jam malah lebih). Nah karena kalo di luar biasanya kita pergi seharian (dari jam 9 pagi sampe jam 9 malem kadang lebih), makanya biasanya kita bawa power bank buat charge si ‘Telor’ dan gadget lain nya.

Pokoknya demi eksis segala perintilan walo berat2in tas dibela2in bawa deh hihi..

Share this post
This entry was posted by in korea.

5 replies on “Blackberry & Internet di Korea

Leave a Reply

Your email address will not be published.