Alternatif Koneksi Internet di Jepang

pic from Google

Seberapa penting sih punya koneksi internet di negara orang? Buat aku yang sama sekali buta Tokyo, agak-agak penting sih untuk update Path, Instagram, Twitter, Facebook liat Google maps, cek jadwal Ekspress Train, atau naik Subway/MRT apa saja, line berapa, platform berapa untuk ke daerah tujuan dan keluar di gate berapa. Sebenarnya semua bisa dilakukan secara offline sih.. kan bisa ambil peta di airport, trus map juga terpampang nyata di tembok setiap station tapi kan kan kan… takutnya butuh aja gitu terkonek selalu #citra_miss_online

Di Jepang katanya hampir gak ada Free Wifi. Aku bilang hampir karena ternyata di Narita Airport ada sih free Wifi (dan kenceng lho!) hehe.. trus di hotel kita juga ada di tempat-tempat umum seperti lobby dan restaurant. Khusus untuk di kamar juga disediakan free wifi hanya untuk tipe deluxe room, kalo superior belum ada. So yay! Kita ada free wifi di kamar, tapi.. aku tetep mikir kayanya buat jaga-jaga kudu punya alternatif koneksi deh waktu kita keluar hotel. Jadi aku browsing2 rate roaming provider di Indonesia, jadi ini daftar harganya :

Paket Data Roaming Kartu Simpati Telkomsel

  • Unlimited Data Roaming 1 hari : Rp. 165.000
  • Unlimited Data Roaming 3 hari : Rp. 420.000
  • Unlimited Blackberry Roaming 1 hari : Rp. 55.000
  • Unlimited Blackberry Roaming 3 hari : Rp. 140.000
  • belum pajak


Di Jepang Telkomsel bekerja sama dengan operator Softbank.

sumber : dari sini

Paket Data Roaming Kartu Halo Telkomsel

  • Unlimited Data Roaming 1 hari : Rp. 150.000
  • Unlimited Data Roaming 3 hari : Rp. 380.000
  • Unlimited Blackberry Roaming 1 hari : Rp. 50.000
  • Unlimited Blackberry Roaming 3 hari : Rp. 120.000
  • belum pajak

Anehnya untuk Kartu Halo Telkomsel kerjasama ama operator yang berbeda dengan Kartu Simpati, yaitu operator NTT  Docomo.

sumber : dari sini

Paket Data Roaming XL

XL juga kerjasama dengan operator Softbank. Serunya XL sih Data Roaming nya Gratis bagi pengguna BlackBerry, iPhone, Android, dan smartphone lainnya di 33 Negara.. TAPI.. nah ada tapinya hehe.. Gratisnya 3 hari pertama untuk negara Jepang. Lalu setelah kuota GRATIS Data Roaming habis, akses selanjutnya dikenakan tarif dasar berikut :

  • Pasca Bayar: Rp. 350,-/10 KB sampai dengan maksimum Rp. 25.200,-/hari, lalu GRATIS SEHARIAN
  • Prabayar: Rp. 350,-/10 KB sampai dengan maksimum Rp. 50.050,-/hari, lalu GRATIS SEHARIAN
  • belum pajak

sumber : dari sini 

Paket Data Roaming Tri (3)

Tri juga kerja sama dengan operator Softbank.

  • Layanan internetan di luar negeri hingga 20 MB/hari, hanya dengan Rp 30rb/hari (belum termasuk Ppn 10%)

tapi nih kalau pemakaian kuota 20MB/hari terlampaui maka berlaku tarif normal GPRS roaming dan tidak ada proses pemberitahuan melalui notifikasi setelah kuota mencapai 20MB/hari. Tarif normal Rp. 10,-/kb.

sumber : dari sini

Jadi berdasar perbandingan harga diatas, diputuskan lah kita akan pake XL. Jadi kita sengaja beli perdana XL dan dateng ke XL center untuk memastikan apa saja yang harus kita lakukan supaya koneksinya bisa dipakai di negara tujuan. Eh ternyata kalo prabayar gak usah ngapa-ngapain sih, jadi tinggal bawa aja kesana, isi pulsa, pilih provider Softbank yang kerja sama ama XL. Voila.. nyambung deh. Alhamdulillah walo ga lancar selalu tapi kita bisa manfaatin Google maps di Ipad. Ya walo teteup nyasar juga dikit sih hahaha.. yang penting udah usaha sendiri dulu cyin.. Jadi asa ga buta banget gitu..

Alternatif lain ada yang namanya Mifi atau Pocket Wifi. Dengan ini kita bisa pake beberapa gadget kita sekaligus. Tapi karena kita cuma pake iPad satu aja rasanya sih belum perlu mifi, dan karena rate nya yang lumayan juga. Berdasarkan info dari web Rentafone Japan disini. Rate nya sbb :

If renting with a phone – Yen 4900 for up to one week, then Yen 300 per day
If renting just the pocket WiFi- Yen 6900 for up to one week, then Yen 300 per day

Tapi kalau memang pergi rame-rame mayan juga pake Mifi ini trus patungan kan? 😀 #makirit

Ada yang punya alternatif lain? Boleh dong di share disini 🙂

PS : Dear all, sehubungan dengan banyaknya pertanyaan teknis yang masuk, seperti berlaku sampai kapan, bisa di android atau ngga, bagaimana pengaktifannya, diinformasikan bahwa masing2 provider ada masa berlaku promosinya. Untuk lebih pastinya please help your self by directly contact the provider’s customer service yah.. Thankies 🙂



Share this post

9 replies on “Alternatif Koneksi Internet di Jepang

  • Wendy William

    Infonya berguna banget thx…
    untuk XL di android minimal hrs aktifkan paket data yg brp supaya dapat free internet 3hari?
    Kl di blackberry kan hrs aktifkan yg unlimited 1bln.

    Reply
  • Darina Danil

    Dear All, kayanya kalau soal paket data berjangkat waktu promo nya. Jadi untuk cek promo terbaru langsung ke website XL aja yah.. Thankies 😉

    Lizvan : aku bbm nya off say selama disana. Cuma bisa pake wifi hotel. Harusnya klo memang ngambil paket internationalnya bisa ya bbm an

    Reply
  • teisa

    Kepada
    Yth. Darina Danil
    di
    tempat

    Assalamu'alaikum Wr. Wb.

    salam kenal mb Darina, saya Teisa dari Perusahaan JIBS (Japan Indonesia Businise Solution).
    Saya membaca e-mail mb Darina di blog (http://www.turiskece.com/2013/04/alternatif-koneksi-internet-di-jepang.html)
    saya tertarik untuk sharing informasi, pengalaman wisatawan Indonesia ke Jepang terkait koneksi internet di Jepang.

    Menurut beberapa sumber, Pemerintah Jepang sejak tahun 2014 meningkatkan pelayanan akses internet dengan menambah Hot Spot / Wifi di banyak tempat di Jepang. Barangkali Mb Darina pernah berkunjung lagi ke Jepang, saya ingin mengetahui seberapa mudah akses internet di Jepang saat ini. Menurut rekan saya pribadi, gampang-gampang susah juga cari hot spot semenjak tinggal di Kofu.

    Saya juga ingin berbagi informasi dan meminta pendapat mb Darina mengenai produk yang tengah saya pasarkan untuk membantu wisatawan Indonesia yang pergi ke Jepang yaitu Docomo Simcard, yang bisa dibeli di Indonesia sebelum berangkat ke Jepang seharga Rp. 390.000 untuk 15 hari unlimited kecepatan 150 Mbps. Dengan simcard yang compatible dengan Hand Phone Smartphone/Android merek apapun, mempermudah wisatawan untuk selalu online 24 jam menggunakan internet dimana saja kapan saja.

    Info produk klik link berikut: http://www.kaskus.co.id/post/54d88256529a45ec5d8b456b#post54d88256529a45ec5d8b456b

    Saya sangat mengharapkan tanggapan Mb Darina atas e-mail saya ini. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih

    Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

    Reply
  • Sardjana Mr.

    Pengalaman saya 2 minggu di jepang karena th 2011 sy aktifkan paket blackberry 50 rb gratis 3 hari, saya beli saya 5 simcard diaktifkan semuanya, tetapi baru dipasang bergantian dijepang. Masih lebih murah dibandingkan ambil paket satu bulan.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.