The Glorious Masjid Kubah Emas

Udah pernah denger sih kalau Masjid Kubah Emas di daerah Depok ini disebut-sebut sebagai salah satu Masjid yang termegah di Asia Tenggara. Gimana gak megah ya.. Menurut yang aku baca di Wikipedia, 5 kubah-nya melambangkan rukun Islam, seluruhnya dibalut mozaik berlapis emas 24 karat setebal 2-3 milimeter yang materialnya diimpor dari Italia. Kubah utamanya dibuat mirip seperti Taj Mahal, dengan diameter 16 meter sajah! 4 Kubah lainnya dibuat lebih kecil dengan diameter bawah 6 meter.

Masuk ke halaman Masjid kita sudah disambut dengan kemegahannya…

Pintu masuk untuk ke Masjid dipisahkan antara wanita dan pria. Saat kita masuk, sandal harus dititipkan ke petugas di ruang khusus penitiapan barang. Tapi karena aku bawa plastik jadi aku masukin tas aja.. agak males antri nitipnya. Siang itu lumayan hareudang (gerah, red). Mataharinya nyengat banget, bahkan lantainya aja panas. Untung disediain alas karet gitu.. Walau masih panas juga sih.. tapi mayan lah drpd nginjek marmer yang membara.

Untuk memasukin area Masjid ini diwajibkan untuk menurut aurat. Dan terdapat beberapa peraturan lain yang harus ditepati pengunjung.

Sayangnya.. nggg.. yahgitudeh.. ada tulisan dilarang mandi/berenang di kolam masjid, masih ada aja anak2 pake kaos dalem n celana dalam gitu berenang.. Trus udah ditulisin pintu masuk wanita, masih ada aja laki-laki yang masuk..

Tapi pengalaman ke Masjid ini cukup menyenangkan siy.. pas masuk area Masjid keliatan megah paduan kubah emas nya, pilar-pilar yang tinggi, pintu-pintu yang besar, selain itu di dalam masjid ini terdapat lampu gantung yang didatangkan langsung dari Italia seberat 8 ton, semua bikin terpesona. Hanya saja bayi dilarang masuk ke dalam tempat shalat. Demi ketenangan dan ketertiban orang yang sedang shalat. Zahra (4 tahun) masih boleh masuk, tapi diminta untuk mengenakan mukena-nya. Untungnya Zahra lagi jadi anak baik banget… Dia sendiri inisiatif untuk wudhu, trus shalat di sebelah Nena (Mama ku, red). Trus pas aku mau foto pas dia shalat, tiba-tiba aja Zahra bilang : “Mama, gak boleh foto di dalem sini” Owalaah.. aku gak liat dong sign nya.. hahaha.. Untung dikasih tau anak 😛 *toyor diri sendiri, sendirianya kurang aware sama aturan hihihi..

Tapi anak-anak dan bayi diperbolehkan di luar tempat shalat kok. Banyak yang lari-lari happy.. Emang luas banget ini masjidnya. Gimana Nabawi ya.. kali gue kalo kesana bakal lebih terkagum-kagum lagi. Mudah2an dikasih rizki untuk haji atau umroh *amin* 

Kita cuma numpang shalat aja disini. Ada juga area untuk makan dan belanja souvenir. Yang agak susah sebenernya Parkir mobilnya yang agak jauh. Tapi wajar sih karena banyak banget bus-bus pariwisata yang parkir, asalnya juga jauh2 dari luar Jakarta, bahkan dari luar Jawa. Masjid Kubah Emas memang udah jadi salah satu tempat wisata rohani. Aku liat ada beberapa Golf Cart seliweran, trus ada shuttle yang keliling area.

Di luar masjid juga banyak fotografer yang nawarin jasa foto. Satu foto rate-nya 20rb, katanya 10 menit jadi. Tapi ditungguin udah 15 menit lebih gak jadi2 dong.. Ditanyain mana fotonya eh dia malah nyolot katanya Bu yang foto kan banyak. Iye kalo banyak ya jangan bilang 10 menit jadi bang!! Sempet emosi dikit tapi ya udahlah belon rejeki kali.. kita tinggal aja soalnya kelamaan.

Yang agak aneh lagi sebenernya adalah retribusi nya yang berantai-rantai. Di gerbang masuk bayar, trus beda 5 meter bayar lagi, parkir bayar lagi, trus yang paling aneh menurut aku keluar gerbang disuruh bayar lagi. Murah sih paling bayar 3rb gitu. Tapi mbok ya sekali aja bayar 15rb selesai gitu.. ini kok banyak amat pos bayar nya. Kita juga rela kok bayar demi biaya pemeliharaan masjid.

Tapi yah, ditengah keramaian, keribetan dan perdebatan orang-orang tentang Masjid ini aku masih tetap salut sama pemiliknya. Masjid Kubah Emas dibangun oleh Hj. Dian Djuriah Maimun Al Rasyid, pengusaha asal Banten, yang telah membeli tanah ini sejak tahun 1996. Masjid ini mulai dibangun sejak tahun 2001 dan selesai sekitar akhir tahun 2006. Dengan luas kawasan 50 hektar, bangunan masjid ini menempati luas area sebesar 60 x 120 meter atau sekitar 8000 meter persegi. Masjid ini sendiri dapat menampung sekitar kurang lebih 20.000 jemaah. Mudah-mudahan amal pemiliknya jalan terus sebanyak jamaah yang shalat disini. Amin YRA.

website : www.Kubah-emas.com

beberapa sumber diambil dari Wikipedia.

Share this post

4 replies on “The Glorious Masjid Kubah Emas

Leave a Reply

Your email address will not be published.