Into The Wild : Taman Safari Cisarua Bogor

Tujuan utama kita menginap di Safari Lodge adalah untuk mengunjungi Taman Safari Indonesia (TSI)! Si anak 5 tahun memang belum pernah ke Taman Safari Cisarua, dulu banget pas umur 2 tahun pernah ke Taman Safari di Bali tapi katanya udah lupa 😀

Kita berangkat dari Jakarta jam 7 pagi, sampai di depan tol menuju puncak jam 8.30 ternyata belum dibuka. Lalu tepat jam 9 pintu jalan arah puncak dibuka dan kita sampai di area Taman Safari jam 10 pagi. Sebelum berangkat memang ada baiknya cek dulu jadwal jalan satu arah menuju puncak disini ya.

PLAN YOUR VISIT

Hal pertama yang perlu dilakukan tiap kali ke tempat wisata adalah melihat map lalu rencanakan mau liat apa aja. Di TSI terbagi menjadi 2 area. Free Range Wildlife (Safari track dengan mobil kurang lebih 45 menit) dan Amusement Park (dimana ada restoran, permainan anak-anak, Baby Zoo dan animal show). Karena untuk keliling liat-liat binatang butuh waktu 45 menit dengan kendaraan pribadi, coba cocokkan dengan jadwal animal show. Karena show terakhir kalau gak salah cuma sampe jam 4 sore.

DINING WITH THE ANIMALS

Karena kita baru boleh check in hotel jam 2 siang, dan perut kelaperan, jadi kita masuk ke Amusement Park dulu untuk sarapan di Rainforest Restaurant, eh kok pas banget ada Elephant Show di tengah area Foodcourt. Selain Rainforest Resto ada juga beberapa cafe dan foodcourt lain di TSI. Tapi untuk liat Elephant show rasanya best view emang dari Rainforest, kita bisa duduk santai sambil makan dan minum.

FREE RANGE WILDLIFE

Setelah perut kenyang, si Baby juga udah ganti diapers, kita langsung masuk ke area Wildlife dengan mobil pribadi. Kalo ngeri nyetir sendiri, TSI juga menyediakan shuttle bus kok. Pernah denger sih dulu ada singa yang gigit ban mobil, alamak hahaha.. Si Zahra udah parno duluan aja dikasih tau gitu. Dia antara excited, seneng tapi serem, akhirnya di mobil jadi heboh panik sendiri dan teriak-teriak wanti-wanti Papa nya untuk gak buka jendela mobil. Tapi dia suka juga ngasih makan binatang pake wortel yang kita beli dipinggir jalan sebelum masuk TSI. Untung adiknya anteng di car seat.

Kudanil makan wortel, Adek makan jerapah

Kirain banjir, ternyata emang sengaja dibanjirin biar seru kali

Eh ada jerapahnya Adek tuh dek..

AMUSEMENT PARK AND ANIMAL SHOW

Sayang banget karena seharian itu hujan terus, jadi boro-boro deh ya bisa naik permainannya. Padahal kayanya seru-seru deh. Abis keliling binatang jadinya kita check in hotel aja, trus kelewat deh lion ama dolphin show. Karena show terakhir itu sekitar jam 4 sore. Padahal seru-seru juga animal show nya, seinget aku dulu ada Cowboy show segala yang pemainnya melibatkan para binatang juga. Akhirnya kita liat Pinguin aja, trus ke area Baby Zoo yang ternyata baru dibuka lagi jam 18.30. Kita akhirnya nunggu di cafe sekalian mau Night Safari.

Untuk masuk ke Baby Zoo nggak dikenakan biaya lagi, tapi kalau mau berfoto dengan binatang kita harus bayar tiket Rp.15.000/orang. Yang gemes sih sama bayi white tiger, namanya siapa yah lupa hihihi.. tapi asli lucu banget. Pawang nya juga pinter ngarahin pose. Kita juga bisa foto ama orang utan dan singa. Kalo orang utan mungkin udah agak biasa ya. Tapi Singa? agak serem mamiiih… Duluu banget jaman belum kawin kayanya aku berani foto ama Harimau di TSI sini. Sekarang kok rada jiper. Maklum faktor U.

Zahra juga request untuk naik kuda pony. Kudanya kok bisa mini gitu ya 😀 Bayar lagi 15-20rb (maaf lupa huhu). Happy deh si anak 5 tahun. Selain Kuda Pony bisa juga naik Unta.

TICKETING

Harga tiket Safari Day dan Night Safari sama aja.
Adult (domestic) : Rp. 150.000
Anak-anak 1-5 th : Rp. 140.000
Bayi dibawah 1 tahun masih gratis

Karena kita menginap di Safari Lodge kita dapet diskon 2 tiket masing-masing cukup bayar Rp.100.000.

NIGHT SAFARI

Karena kita udah beli tiket Safari Day, jadi kalau beli lagi tiket Night Safari cukup bayar Rp.70.000,-/orang. Khusus untuk Night Safari kita gak boleh pake mobil sendiri karena udah disediakan bus khusus. Malah seru sih, kan ada guide nya jadi kita dapet info-info menarik seputar binatang. Perjalanan Safari track nya sekitar 45 menit juga. Bedanya apa sama Safari Day? Kalau malam hari beberapa binatang buas lebih aktif, dan burung hantu juga bangun. Tapi aku gak rekomen bawa bayi. Karena bus nya ternyata nggak tertutup. Karena takut angin malem jadi aku sama si baby nunggu aja di cafe, sementara si Kakak ikut night safari sama Papa nya.

BEFORE YOU GO :

Kenalkan binatang-binatang kepada si kecil lewat buku, televisi atau aplikasi di gadget juga sekarang udah banyak. Jadi nanti saat kita berkunjung kesini anak akan lebih excited liat binatang-binatang aslinya.

TIPS :

  • Perhatikan kemacetan menuju puncak. Kita kemaren cukup beruntung loh lancar bener jam 10 udah sampe ke TSI, Besoknya hari Minggu kita keluar TSI jam 11 pagi eng ing eeeng.. macan tutul gak cuma ada di TSI tapi dari sepanjang jalan tol menuju puncak. Macan tutul = macet total.
  • Hindari musim hujan, atau kalau terpaksa siapkan payung dan jas hujan.
  • Karena udara pegunungan yang dingin jangan lupa bawa jaket. Yang ada hooded lebih oke.
  • TSI ini memang luas banget. Kalo mau semua diliat kayanya kudu 2 hari. Kalau punya cuma 1 hari buat prioritas.
  • Lupakan baby changing room. Menurut acc twitternya disediakan di toilet tertentu aja. Tapi jarak antara satu tempat show ke tempat lain itu cukup jauh, belum lagi penuh dan toilet nggak terlalu kering. Jadi aku ganti diapers numpang di restoran aja, di mobil, atau di hotel. Dulu katanya pernah disediakan di beberapa lokasi, namun karena udara yang lembab bikin maintenance cost untuk baby changing room ini agak mahal, jadi mereka memutuskan untuk menghilangkan di beberapa spot. Sayang banget ya.. padahal penting loh baby changing room, terutama untuk turis asing. Tapi memang kebanyakan yang ke TSI bogor ini adalah turis lokal.
  • Nursing room (ruang menyusui) disediakan tapi cuma satu tempat, again, susah banget sih kesana karena luas banget area nya, jadi siap sedia aja bawa nursing cover jadi bisa menyusui dimana aja.
Share this post

3 replies on “Into The Wild : Taman Safari Cisarua Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published.