Fun Ways to Spend Quality Time with Our Kids at KidZania


Jumat kemarin adalah hari yang paling ditunggu-tunggu oleh Azka (6 tahun) dan Zahra (6 tahun), karena udah dijanjiin ama Mama-Mamanya untuk playdate ke Kidzania (KZ). Udah ribuuut aja mereka dari kemarin, nyusun rencana mau main jadi ini itu. Sebenernya sih gak cuma anak-anak yang hepi bisa main dan belajar berbagai profesi di Kidzania, tapi emaknya juga seneng hehe.. Makanya sengaja milih ke Kidzania hari Jumat atau Minggu. Soalnya khusus hari Jumat atau Minggu kita para orang dewasa juga bisa ikutan main di Kidzania lho! Yeaaaay!! Akhirnya yah! Hahaha.. emak-emak kemaren mupeng liat anak-anaknya main bisa ikutan juga, judulnya mungkin mengejar cita-cita yang tak tercapai XD

Sebelum main, kita tukerin dulu cek sebesar 50 Kidzos di bank BCA. Cek ini otomatis kita dapat di awal permainan. Nanti tiap mereka menyelesaikan tugas di masing-masing establishment, mereka juga akan di-gaji loh. Uangnya nanti bisa buat jalan-jalan naik taksi Blue Bird, Silver Bird atau naik city tour bus Big Bird.

Profesi pertama yang diikut Azka dan Zahra adalah jadi paramedis di Hospital. Lucunya pake skenario juga loh.. Ceritanya Zahra jadi Dokter, trus gak lama Azka dibawa keluar ama petugas KZ, kita langsung bingung “Loh mau dibawa kemana mas?”, “Ini ceritanya ada yang kecelakaan Bu, nanti dokternya akan menyelamatkan korban naik Ambulan, Ibu tunggu aja di depan Gedung Theater”. Eaaaaa lucu amaaat… pake sandiwara segala hahahaha.. Kita langsung dong ngikutin bak paparazzi.

Selesai tugas jadi Dokter dan Pasien, Azka dan Zahra dapet gaji pertama mereka dan Pocari Sweat. Yeaaaay!!
Selanjutnya Zahra dan Azka pengen jadi pekerja pabrik Coklat Silver Queen. Ketauan banget modusnya Zahra dia pengen makan coklat. Soalnya tiap menyelesaikan tugas, selain dapet gaji juga dapet produk yang mereka buat. Asik ya!

Gak jauh dari establishment Silver Queen ada establishment Pharmacy. Eh pas kita liat sign nya ternyata orang dewasa disini bisa ikutan main. Langsung dong Mama Dhita ikutan. Katanya gara-gara banyak permintaan orang tua supaya bisa ikutan bermain bersama anaknya di Kidzania, akhirnya Kidzania mengadakan program Parents Experience sejak bulan Mei 2015 ini.

Alhamdulillah ya min, kesampean juga jadi Apoteker

Dalam program Parents Experience setiap hari Jumat dan Minggu sesi 2 (15.00-20.00 WIB) ini, orang tua bisa bermain bersama anak di 17 establishment di KidZania, yaitu :

  1. Acting Academy
  2. Game Room
  3. Urbano Living Room
  4. Vita’s Kitchen
  5. City Parade
  6. Fire Station
  7. Nursing Room
  8. Hospital
  9. Gas Station
  10. Car Dealer
  11. Flight Simulator
  12. Magic Studio
  13. Pharmacy
  14. Radio Station
  15. TV Studio
  16. Digital Learning Center
  17. Safety Riding School
Oiya tapi Program Parents Experience ini tidak berlaku di Holiday Season, dan ada quota di tiap establishment. Dan orang tua yang bermain nggak dapet gaji, hihihi.. Gapapa lha ya, yang penting dapet quality time bermain ama anak di KidZania. Tujuan lain dari progam ini kan memang agar orangtua meluangkan waktu lebih untuk bermain bersama anaknya. Aktivitas bermain bersama ini diyakini bisa memperkuat ikatan antara orang tua dan anak. Orangtua tidak perlu membayar lebih untuk mengikuti prgram parent experience ini cukup dengan membayar tiket masuk kidzania seperti biasanya, tidak ada biaya tambahan.

Kalau laper ada food court di dalam Kidzania, tapi aku siy paling suka Pizzania, lembut banget rotinya, dan fresh baked jadi keju mozarella nya masih meleleh. Anak-anak juga suka banget, abis main kelaperan habis pizza seloyang 😀

Setelah nyobain main jadi berbagai profesi, akhirnya puncaknya mereka berdua mau coba jadi pemain sulap. Setelah latihan selama 20 menit, akhirnya mereka tampil di Gedung Theater Kidzania setelah pertunjukan theather Peter Pan. Emaknya jadinya sambil nungguin jadi nonton pertunjukan Peter Pan dan asli ya.. KOCAK PAKE BANGET!! Hahaha.. asli kreatif banget dan pemainnya juga totalitas deh. Ada gimmick-gimmick yang ga terduga kaya pas Peter Pan berantem ama Kapten Hook ada slow motion segala, hahahhaha.. terus tetiba aja gitu aja 2 orang pake jas dan kacamata hitam ikutan nimbrung (Men in Black kali maksudnya?) Hahahaha.. terus dimarahin ama Kapten Hook katanya mereka salah jadwal manggung XD

Improvisasi para pemain theather Kidzania juga patut dijempolin deh. Ya namanya juga anak-anak yak.. ditengah pertunjukkan tiba-tiba aja gitu ada satu Tinkerbell yang bilang kalau haus terus manggil-manggil susternya hahahahaha.. Akhirnya itu suster ngasih air minum ditengah pertunjukan. Gak lama si Peter Pan ama Kapten Hook juga ikutan ngomong “Mbak saya haus mbak.. mbak saya haus..” minta minum ama suster si anak tadi. Ya mamiiiih… kocak amat. Itu segedung kayanya megangin perut terus saking sering ketawa XD Salut banget deh. Menurut aku paling menghibur Theaternya Kidzania. Jangan sampe dilewatin kalo ke KZ.

Tinkerbell nya Hauuus cuuuus minta minuuuum

City of kids ini menyajikan lebih dari 110 profesi di 70 establishment yang bisa dimainkan anak-anak usia 2 sampai 16 tahun. 

Azka sama Zahra sih emang doyan banget ke KidZania. Emaknya juga ikut hepi karena bermainnya jadi bermakna dan ada nilai edukatif. Afterall, learning should be fun!!

 KidZania, we’ll be back!!
Share this post

13 replies on “Fun Ways to Spend Quality Time with Our Kids at KidZania

Leave a Reply

Your email address will not be published.