A Day at Chateau de Versailles (Part 1)

They said if you want to see France of old in all its grandiose, then Chateau de Versailles (the Palace of Versailles) is the perfect place to visit.

Aku pertama kali tau tentang Versailles ini justru bukan dari orang Perancis, melainkan dari orang Jepang. Coba yang anak 80an disini yang suka baca komik Jepang Rose of Versailles angkat tangan! Aku emang salah satu korbannya.

Karena jadwal “kerja” yang padat di Paris, aku sama Dhita kemarin sama sekali gak ada waktu untuk mengunjungi museum. Tapi untuk ke Versailles ini aku agak begging ama Dhita, kalo bisa disempetin deh plis plis pliiiiisss. Karena udah ke mimpi-mimpi pengen ngebayangin hidup bagai Marie Antoinette di Kerajaan super mewah dan megah. Akhirnya si mbak sis Dhita pun rela nganterin temennya ini untuk seharian ke Chateau de Versailles. Iya emang butuh seharian, karena letaknya agak jauh di suburban Ile-de-France, tapi transportasi kesana gampang kok.

HOW TO GET THERE

Naik train RER C, turun di station “Paris – Versailles Rive Gauche” ticket (zones 1-4). Cara penggunaan mesin tiket train nanti kita post terpisah ya.

PLAN YOUR VISIT

Karena Istana ini luar biasa luas dan pengunjungnya juga ribuan setiap hari, jadi setelah brosing-brosing aku putuskan untuk :

  • Menghindari weekend, karena pasti lebih penuh.
  • Weekdays lebih baik hari Selasa atau Kamis, karena Rabu biasanya untuk kunjungan anak-anak sekolah. Setiap hari Senin tutup.
  • Beli tiket online untuk menghindari antrian tiket booth. Selain cape antri, lebih hemat waktu juga kan. Setelah ngebandingin harga akhirnya aku putuskan untuk beli lewat Guidatours.com.
  • Versailles terbagi jadi 4 area besar : The Palace, The Garden, La Grande Trianon dan Petite Trianon (Marie Antoinette’s Estate). Perlu diingat karena Istana ini luar biasa luas, jadi mending rencanain dulu mau ke Palace dulu apa ke Garden, atau langsung ke Grand Trianon/Petite Trianon. Karena kalo bolbal gempor cyiiiin… Udah mana antri loh. Jadi ada yang menganjurkan kalau antri banget ke Palace mending ke Garden ato La Grande Trianon/Petite Trianon dulu.
  • Untuk pengaturan waktu, Palace dan Garden buka jam 8 pagi, sedangkan La Grande Trianon/Petite Trianon baru buka jam 12 siang. Yang tutup paling malem itu Garden, lainnya jam 5 sore udah kukutan.
pintu masuk aja antri, untung gak pake antri beli tiket

THE PALACE

Berasa kaya gadis kecil yang berbinar-binar deh kaya lagi main di Istana-istanaan, haha.. ya emang ini Istana beneran sih. Kita dikasih audio-guide yang tinggal masukin aja nomernya untuk dengerin informasi diruangan tersebut. Fakta-fakta menarik seputar Palace of Versailles yang aku ikutin sepanjang tour :

  • Istana ini dibangun pada akhir abad ke-17 sebagai rumah bagi raja Perancis pada saat itu, Louis XIV, Butuh waktu sekitar 3.000 pekerja untuk membangun istana.
  • Tercatat sebagai Istana terbesar di dunia, yang punya lebih dari 700 kamar, 60 anak tangga dan lebih dari 1.200 perapian.
  • Dapur besar aja mempekerjakan ratusan orang. Namun terletak begitu jauh dari ruang makan jadi makanan Raja sering disajikan dingin.
  • Hall of Mirrors adalah ruangan paling spektakuler di istana, disediakan chandelier yang gemerlap dengan 3.000 lilin.
  • Istana ini memang sengaja dibikin super mewah dan megah untuk “pamer” sama negara eropa lain. Yang sayangnya niat pamer itu malah bikin keki rakyat perancis sendiri karena situasi negara saat itu lagi bangkrut, kok ya ini keluarga kerajaan dan kaum bourjois masih foya-foya dan gak prihatin. 
  • Sampai akhirnya terjadi Revolusi Perancis, yang mengubah perancis dari negara monarki menjadi negara demokrasi. Louis XIV pun akhirnya dia dipaksa untuk hengkang dari istana dan pindah ke Paris. 

Hall of mirrors

penuh sesak, ati-ati copet!

Kamar Raja

Ini kamar Ratu, kenapa kamarnya Raja ama Ratu kepisah hayoo? XD

pose turis dulu di Hall of Mirrors

THE GARDEN

Kalau masih muda mungkin siapin aja itu sepatu Nike Run ya sekalian olah raga lari, tapi berhubung tante udah jompo kita naik Petite Train aja langsung menuju La Grande Trianon setelah explore Palace. Kalau jalan kaki mungkin sekitar 30-40 menit sih ngelewatin Garden yang yamamiiiih luas bener, bahkan ada taman didalam taman!! Tiap taman ada keunikan sendiri-sendiri, kaya nyari harta karun aja deh. Sayang cuma buka kalau weekend. Jadi kita langsung aja ke La Grande Trianon, liat Garden-nya sambil duduk manis aja di train sambil dadah-dadah.

Next kita ke La Grande Trianon dan Petite Trianon, rumah “mini” nya the famous Queen Marie Antoinette

Bersambung dulu ya..

Share this post

One reply on “A Day at Chateau de Versailles (Part 1)

Leave a Reply

Your email address will not be published.